Minggu, 27 September 2015

Amazing Four Tiny House Design Project in Japan 2015


Jepang memang dikenal sebagai satu-satunya tempat didunia dimana rumah dan apartment mungil terbanyak dibangun ditempati oleh warga negara lokal ataupun asing. Dan di Jepang itu sendiri membangun 1kamar tidur untuk disewakan sangat mudah ditemui, baik di pusat kota ataupun dipinggiran kota. Tanah yang mungil bisa disulap seolah-olah besar dari pandangan mata, dan kalau kita pikirkan rasa-nya koq di Indonesia tidak ada yang tertarik untuk membangun rumah/apartment dengan gaya kultur jepang seperti ini.

Misal dengan luas hanya 30 meter sudah dapat disulap menjadi rumah 2 tingkat. Plus rungan bawah tanah untuk menyimpan barang setinggi 1,5m seluas 7meter, cukup luas untuk menyimpan barang-barang anda di gudang ini. Menariknya banyak sekali arsitek Jepang yang ahli membangun rumah mungil tapi nyaman. Dan jangan salah untuk membangun rumah seluas 30 meter ini saja membutuhkan biaya mencapai 2,8 Miliar (200.000 dollar dengan kurs Rp.14,000/dollar) Gila banget kan.

Amazing Three Tiny House Design Project in Japan 2015


Kemudian lagi rumah dengan luas hanya 20 meter, tahukah anda berapa biaya yang dihabiskan untuk ini? untuk tanahnya saja sudah 2,8 M (220,000 dollar) dan 230,000 dollar untuk material bangunan hingga selesai, atau kurang lebih habis biaya mencapai 6Miliar. Kalau di Indonesia rumah seharga Rp.6M sudah sangat luas mewah dan komplit dengan kolam renang sauna garasi dan lain-lain. Tapi di Jepang hanya cukup untuk membangun rumah seluas 20 Meter.. hehe

Kemudian ada lagi rumah seluas 23 meter, total biaya termasuk harga tanah mencapai 380,000 dollar. Anda akan pingsan ketika tahu bagaimana mahalnya rumah di Jepang, dan melihat kenyataan seberapa besar yang anda dapatkan untuk harga yang miliaran tersebut dan apa yang anda dapatkan, pasti membuat anda kecewa.. Jadi jangan coba di banding-bandingkan dengan Indonesia yang masih sangat terjangkau, murah, aman, nyaman untuk ditinggali.. bersyukurlah anda hidup dan besar di Indonesia.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar